Minggu, 29 Januari 2017

Cara Menjaga Kesehatan Menurut Ajaran Islam

Hidup sehat dalam menjalani sehari-hari adalah dambaan setiap orang. Namun, kebanyakan orang tidak melakukan gaya hidup yang benar dalam rangka mewujudkan dambaan mereka itu sendiri. Pada dasarnya, gaya hidup seseorang menjadi faktor utama dalam menentukan kesehatan seseorang mulai itu dari hal-hal kecil yang biasa dilakukan sehari-hari sampai dengan hal besar yang juga sering kita lakukan.
Islam merupakan agama samawi terakhir yang diturunkan di bumi. Agama terakhir yang bertujuan menyempurnakan ajaran-ajaran yang sebelumnya. Bahkan kesehatan dalam islam tergolong sangat penting, salah satunya ditunjukan dengan kalimat yang sudah tidak asing lagi “Kebersihan sebagian dari iman”. Merupakan cara yang tepat untuk menghalau berbagai penyakit.
Namun, untuk umat muslim pola gaya hidup sehat sebenarnya telah tertuntun sejak Adanya Nabi Muhammad dan turunnya kitab Suci Al-qur’an. Sehingganya kemudian banyak cendikia muslim dan ilmuwan muslim yang melakukan penelitian kesehatan dengan mengikuti cara hidup sehat ala Rasulullah SAW dan ternyata secara medis pun semua pola hidup sehat ala Rasulullah itu terbukti kebenarannya. Berikut 5 cara hidup sehat yang diterapkan Nabi Muhammad SAW dan terbukti ampuh dalam menjaga kesehatan seseorang

Bangun Sebelum Subuh
Bangun sebelum subuh dengan maksud melakukan sholat sunnah berjamaah dan melakukan sholat subuh. Gerakan sholat sama bermanfaatnya dengan gerakan olahraga, sholat pada saat subuh sama bermanfaatnya dengan olahraga kecil di pagi hari. Udara subuh juga terbukti lebih segar. Dengan melakukan hal di atas juga akan memberikan Anda berkah berupa pahala, dan kenikmatan sehat.

Menjaga Kebersihan
Setiap hari Kamis dan Jumat nabi Muhammad SAW selalu rutin memotong kuku, mencuci rambut-rambut halus yang berada di pipi, bersikat, serta memakai parfum. Setiap hari nabi Muhammad SAW juga selalu menggunakan harum-haruman dan tampil bersih dan rapi. Seperti yang sudah disebutkan di paragraf pembuka bahwasanya bagi umat islam kebersihan merupakan sebagian dari iman.

Berpuasa
Dalam menjalani hidupnya, Rasulullah selalu melakukan Puasa Sunnah. Selain puasa Ramadhan umat muslim banyak yang melakukan puasa sunnah terutama pada hari Senin dan Kamis.
Bagi umat muslim, selain mendapatkan pahala ternyata secara medis pun puasa sangat berpengaruh penting bagi kesehatan fisik dan  psikologis seseorang. Saat berpuasa kinerja organ tubuh akan menjadi lebih rileks dan tenang sehingga emosi lebih mudah terkontrol dan pikiran jauh dari stress
Dan secara kesehatan fisik, puasa akan mengontrol jumlah makanan dan minuman dalam tubuh menjadi lebih teratur dan tidak berlebih dengan demikian maka kinerja organ pencernaan pun akan berjalan seimbang.

Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
Selain, mengkonsumsi makanan yang baik dan halal, Rasulullah telah memberikan teladan untuk hidup sehat dengan cara makan sebelum lapar dan berhenti sebelum perut kenyang. Hal ini berarti seseorang diharuskan untuk makan tidak secara berlebihan. Secara medis hal ini ampuh dalam hal memelihara kesehatan organ pencernaan tubuh terutama lambung, dimana saat makanan dan minuman masuk secara berlebih maka organ pencernaan akan bekerja sangat keras untuk mencerna itu semua, hal ini justru akan melemahkan kinerja sistem pencernaan tubuh dan akan menimbulkan penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.

Duduk saat Makan dan Minum
Saat sedang makan atau minum, Rasulullah selalu duduk dalam menjalaninya. Saat seseorang duduk,  secara medis ternyata rongga dalam sistem pencernaan (perut) berbeda bila seseorang dalam keadaan posisi berdiri.
Rongga dalam sistem pencernaan menjadi lebih terbuka sehingga kemudian saat makanan atau minuman ditelan maka sistem pencernaan tubuh telah siap menerimanya. Ketika pencernaan makanan telah siap menerima maka tidak ada paksaan agar sistem pencernaan tersebut bekerja secara keras.
Berbeda bila makan dan minum dilakukan secara berdiri maka katub dalam sistem pencernaan belum sepenuhnya terbuka sehingga ketika makanan atau minuman datang maka sistem pencernaan akan bekerja keras untuk mencernanya dan bila hal itu tarus berlangsung lama - kelamaan sistem pencernaan menjadi lemah sehingga kemudian menimbulkan gangguan - gangguan kesehatan pada seseorang.

0 komentar:

Posting Komentar