Rabu, 25 Januari 2017

Tips Membeli Rumah untuk Pasangan yang Baru Menikah

Memiliki rumah adalah impian setiap orang, terutama bagi pasangan yang baru menikah. Ada yang menginginkannya sebelum menikah sudah memiliki rumah, namun ada juga yang menikah dulu baru memiliki rumah. Ratusan problematika bermunculan dalam rumah tangga. Salah satunya mau tinggal di mana, mengontrak, beli rumah, atau tinggal di rumah mertua. Sebuah studi yang dirilis Coldwell Banker membuktikan, sekitar 35 persen pasangan suami istri di Amerika Serikat membeli rumah bersama setelah dua tahun menikah. Harga rumah umumnya selalu meningkat dari tahun ke tahun. Apalagi jika lokasinya strategis peningkatan harganya bisa berlipat - lipat. Ini tentu berbeda dengan harga mobil, yang harganya malah kian merosot. Sebab, mobil terkena depresiasi alias penurunan harga tiap tahunnya. Berikut tips yang bisa dicontoh untuk mendapatkan rumah bagi pasangan yang baru menikah :



          Tentukan Skala Prioritas
Nasehat yang sangat klise tapi manjur. Coba hitung pakai kalkulator, berapa gaji kita? Idealnya, kebutuhan cicilan maksimal adalah sepertiga gaji gabungan. Kalau mau ambil rumah, artinya cicilan KPR tak boleh lebih dari itu. Pentingnya menentukan skala prioritas, kalau pengen rumah tak usah melirik - lirik kebutuhan yang lain. Anda sudah harus lebih mementingkan kebutuhan pokok dibandingkan dengan kebutuhan yang akan membuat gengsi. Toh rumah bisa dijadikan investasi jangka panjang.

Mengelola Keuangan dengan Baik
Rencanakan pengeluaran dan tabungan bersama - sama. Hitung jumlah pendapatan, tabungan, investasi yang dimiliki, dan utang – termasuk juga utang kartu kredit. Kemudian buatlah anggaran pengeluaran bulanan, lunasi utang yang ada saat ini, dan sisihkan  uang untuk dana darurat.
Jika Anda dan pasangan belum memiliki dana darurat, pertimbangkan untuk membuat hal ini menjadi prioritas utama supaya kondisi keuangan aman. Dana darurat dapat digunakan jika terjadi sesuatu hal yang tiba-tiba dan membutuhkan banyak biaya.

Membuat Rekening Khusus
Buatlah rekening tabungan khusus untuk menabung dan mengumpulkan modal membeli rumah. Nantinya dana dari gaji tiap bula bisa disisihkan masuk ke dalam rekening ini. Anda dan pasangan harus berkomitmen untu tidak menyentuh isi dari rekening ini. Harus ditetapkan target tabungan untuk beli rumah dan pastikan anda dan istri anda harus fokus.

Melakukan Riset Kecil - Kecilan
Selanjutnya, tentukan lingkungan tempat tinggal baru Anda. Apakah Anda menginginkan lingkungan yang bebas macet sehingga tidak memperpanjang perjalanan menuju ke kantor? Atau Anda menyukai lingkungan perumahan yang dekat dengan sekolah?
Tidak ada salahnya jika Anda berkenalan dengan calon tetangga dan mencari tahu informasi tentang kondisi lalu lintas dan kualitas sekolah di daerah tersebut.

Menentukan Luas Rumah
Pastikan Anda dan pasangan membeli rumah yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan agar semua anggota keluarga merasa nyaman. Contohnya, jika pasangan yang baru menikah berencana untuk memiliki satu anak saja, rumah berukuran kecil atau apartemen mungkin pas untuk keluarga Anda.

Sebaliknya, jika Anda dan pasangan berharap untuk membentuk keluarga besar, rumah yang lebih luas tentunya akan lebih nyaman daripada rumah kecil. Membeli rumah yang ukurannya kurang tepat akan memengaruhi kehidupan keluarga selama bertahun - tahun.

1 komentar:

  1. terimnakasih infonya sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2Amt3qN

    BalasHapus